Tuesday, April 9, 2013

Pengujian Tracerouter (tracert) InPonsel.com

Untuk tugas kali ini, saya akan mencoba melakukan tracerouter pada android. Sebelum kita melakukan percobaan, kita harus mengetahui apa itu Traceroute. Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.



Kali ini saya akan mencoba melakukan tracert ke www.inponsel.com dengan menggunakan koneksi wifi telkom speedy rumah. Untuk dapat melakukan tracert pertama yang kita lakukan adalah membuka aplikasi terminal emulator lalu ketikan traceroute namadomain, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini  :


 Ketika traceroute dijalankan, ia mengembalikan daftar hop jaringan dan menampilkan nama host dan alamat IP dari setiap koneksi. Hal tersebut meliputi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk setiap koneksi terjadi (biasanya dalam milidetik). Ini menunjukkan jika ada keterlambatan dalam membangun koneksi. Karena itu, jika koneksi jaringan lambat atau tidak responsif, traceroute sering dapat menjelaskan mengapa masalah itu ada dan juga menunjukkan lokasi dari masalah.

Kemudian untuk mengetahui route yang kita lewatkan, buka http://whatismyipaddress.com/, masukan ip address yang di tuju. Nanti akan terlihat detail tentang IP address tersebut. Untuk urutan 3 (125.160.11.189) merupkan private IP address.
Untuk urutan 4 dan 5 dengan IP address 218.100.27.29 merupakan hostname untuk wirelessnet.

0 comments

Posts a comment

 
© 2011 Frontine Blog
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top