Sunday, April 3, 2011

WikiLeaks, Bermanfaat atau Tidak???

WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia tetapi menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006. Saat ini alamat situs telah dialihkan ke www.wikileaks.ch untuk alasan keamanan.




Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks. Situs Wikileaks menggunakan mesin MediaWiki.



WikiLeaks memang fenomenal. Situs ini mampu memberitakan dokumen-dokumen yang sangat rahasia diberbagai negara. Kemampuannya membongkar dokumen rahasia dari berbagai negara patut diacungi jempol. Dengan kemampuannya ini, WikiLeaks dapat bermanfaat bagi masyarakat awam. Namun selain bermanfaat, WikiLeaks juga bisa menjadi "Adu Domba" bagi pihak-pihak yang terlibat dalam pemberitaannya.


Manfaatnya adalah kita sebagai masyarakat awam bisa menerima informasi yang sangat rahasia dari WikiLeaks. Seperti pemberitaan tentang praktek kecurangan atau korupsi terhadap rakyat disebuah negara. Mungkin jika WikiLeaks tidak mempublikasikan berita tersebut kita tidak akan tahu ada praktek korupsi di negara tersebut. Seperti yang kita tahu saat ini, praktek korupsi sudah merajalela dan sangat sulit untuk diberantas. Jangankan diberantas, untuk mencium baunya saja sulit. Disinilah peran WikiLeaks yang membantu kita sebagai masyarakat awam untuk mengetahui suatu berita atau informasi yang sengaja disembunyikan oleh pihak-pihak tertentu agar tidak tersebar dimasyarakat luas.

Namun WikiLeaks juga bisa menjadi alat pengadu domba. Ini bisa terjadi jika informasi yang dipublikasikan belum 100% benar. Jika informasi yang disampaikan tidak benar maka akan terjadi perselisihan paham antara pihak-pihak yang terlibat. Untuk itulah kita sebagai masyarakat harus bisa kritis dalam menanggapi pemberitaan oleh WikiLeaks. Jangan sampai pihak-pihak yang tak bersalah terkena adu domba WikiLeaks yang nantinya akan menguntungkan pihak WikiLeaks. Jadi selektif lah menanggapi pemberitaan oleh WikiLeaks.

0 comments

Posts a comment

 
© 2011 Frontine Blog
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top