Sunday, April 10, 2011

Kelebihan & Kekurangan Dreamweaver

Macromedia Dreamweaver 8

Adobe Dreamweaver merupakan program membuat atau mengedit web yang dibuat Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver dibuat Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh para pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan untuk menggunakannya. Versi terakhir Adobe Dreamweaver adalah Adobe Dreamweaver CS5. Macromedia Dreamweaver berubah menjadi Adobe Dreamweaver karena Macromedia di akuisisi oleh Adobe System sehingga seluruh produk yang dibuat oleh Macromedia kini diawali dengan kata Adobe.

 Adobe Dreamweaver CS5

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Adobe Dreamweave :

Kelebihan :

1. Kemampuannya membuat halaman web yang terlihat konsisten.
Adobe Dreamweaver sudah terinstall beberapa template yang elegan dan menarik. Tentunya ini memudahkan anda yang ingin belajar membuat sebuah web namun anda belum mampu membuat design web sendiri. Jika anda ingin membuat lebih dari 10 halaman web dengan didasarkan design template tertentu maka web anda akan memiliki gaya halaman web yang sama dan terlihat konsisten dari halaman perhalaman.

2. Kemudahan dan efisiensi dalam penggunaan
Program ini tidak hanya dirancang untuk anda yang sudah mahir dan mengerti bahasa pemrograma. Bagi anda yang belum mengerti bahasa pemrograman, anda bisa membuat halaman web dengan hanya cara mengklik atau drag and drop menggunakan mouse serta anda juga bisa melihat halaman html-nya selama  proses desain berlangsung. Atau yang lebih dikenal dengan sebutan WYSIWYG (What You See Is What You Get)

Selain itu dreamweaver memiliki kemampuan memperlihatkan 3 proses yang berbeda, yaitu :
  • Code View : Berfungsi untuk hanya menampilkan script html saja.
  • Desain View : Berfungsi menampilkan kode-kode html yang anda tulis menjadi sebuah design/template    yang nantinya akan ditampilkan di browser.
  • Split View : Berfungsi menampilkan gabungan antara Code View dan Desain View pada saat bersamaan.Jadi anda bisa langsung melihat perubahan pada saat anda mengubah htmlnya.

3. Mudah untuk mengupload melalui FTP
Dreamweaver sudah dilengkapi dengan fitur FTP jadi setelah anda selesai membangun sebuah web, anda bisa langsung menguploadnya melalui FTP . FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

 Ilustrasi FTP

4. Dapat dikustom
Dreamweaver dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang anda perlukan. Menu, tab, perintah, font dan warna semua kode dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi. Hal ini dapat secara efektif memudahkan proses desain web. Selain itu dreamweaver didukung banyak plug-in yang membantu anda dalam proses desain.


Kekurangan :
1. Harga Software yang Cukup Mahal.
Mungkin salah satu kekurangan dari Dreamweaver ini adalah dari segi harga. Dreamweaver CS5 dibandrol oleh Adobe sekitar $399. Harga yang mungkin terjangkau oleh kalangan tertentu saja.


Referensi :
http://www.articlesbase.com/
http://www.wikipedia.org/

20 comments

  1. WAH TENANG GAN DI BLOG SAYA UDAH ADA TINGGAL DOWNLOAD AJA GRATIS-TIS-TIS

    ReplyDelete
  2. apakah seorang web desainer merupakan suatu keharusan ya untuk punya skill dreamweaver, atau sebagai pelengkap saja?

    thanks

    ReplyDelete
  3. THANKS A LOT FOR TO SHARE

    ReplyDelete
  4. Apakah hanya itu saja kekurangan dari Dreamweaver ?
    lebih baik mana bikin desain web dengan koding manual lewat text editor seperti Notepad++ dengan dreamweaver gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung gan, klo qta pemula bisa pake dreamweaver. klo sudah cukup mampu bisa pake notepad. tapi klo emang bener2 pengen tau dasar2nya dan belum terlalu perlu membuat website lebih baik pakai notepad. jadi belajar bener2 dari awal.

      Delete
    2. Sebenenarnya lebih ke skill, seburuk apapun suatu program, kalo skill kita bagus hasilnya paati memuaskan

      Delete
  5. Masih newbie,,,, sekedar baca… mengertinya kapan kapan saja…

    ReplyDelete
  6. "Program ini tidak hanya dirancang untuk anda yang sudah mahir dan mengerti bahasa pemrograman."

    Jujur aja, gw gak setuju banget sama yang bagian ini..
    Malah menurut gw pribadi, mereka yang ngebuat/ngoding/ngedisain blog/web'nya sendiri pakai NOTEPAD lebih jago daripada mereka yang pakai dreamweaver.

    Dan sampai sekarang, kebanyakan dari yang gw liat. Mereka yang pakai dreamweaver cuma sekedar sok-sokan biar dikira jago, padahal yang mereka bisa cuma gitu-gitu doang..

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Informasi yang sangat bermnafaat..

    bagi agan yang berminat belajar membuat web bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    ReplyDelete
  9. Baca dulu aja, mengingat ilmu saya belum nyampe, jadi ya... pahamnya lain waktu aja. :)

    Thanks bermanfaat nih.

    ReplyDelete
  10. thanks ya bermanfaat nih

    ReplyDelete
  11. dreamweaver dan notepad sama2 memiliki kelebihan masing2, hanya saja masalah kebutuhan pengguna nya,
    jago ga jago nya bukann masalh aplikasi mana yang dia pakai..

    ReplyDelete
  12. apa perbedaan macromedia dreamweaver8 dengan adobe macromedia yang lain.......

    ReplyDelete
  13. Kalau menurut saya sih Dreamweaver sangat membantu sekali bila kita mendesain sebuah aplikasi berbasis web dari sisi tampilannya (UI). Sedangkan untuk kodingnya kan bisa menggunakan code editor yang ada.

    Tapi kalau sudah terbiasa membuat website atau aplikasi berbasis web menggunakan editor seperti notepad++ atau sublime text tidak diwajibkan juga menggunakan dreamweaver.

    Karena Dreamweaver, Notepad++, atau Sublime Text merupakan tools yang digunakan untuk membantu kita dalam membuat sebuah project berbasis web.

    So, jangan terpaku pada sebuah tools, yang penting skill dan pengalaman. Mau pakai dreamweaver atau editor lainnya, tidak akan menjadi kendala buat kita. CMIIW. :)

    ReplyDelete
  14. saya biasanya pakai sublime atau notepad++ sih... tapi gak ada salahnya juga belajar pakai dreamweaver... paling gak kan tau perbandingannya mana yg lebih efisien untuk digunakan... tks yaa infonya... Kunjungi juga website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id dan blog saya : https://kima.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Posts a comment

 
© 2011 Frontine Blog
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top