Tuesday, October 9, 2012

E -Commerce


E -Commerce

DefinisiElectronic Commerce (E-Commerce): 
  • E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson) 
  • E-commerce berhubungan dengan penjualan,  periklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. (Gary Coulter & John Buddemeir)

Ruang Lingkup E-commerce
  • Electronic Business, merupakan lingkup aktifitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas 
  • Electronic Commerce, merupaka perdagangan yang dilakukan secara elektronik, mencakup: 
             -Perdagangan Via internet 
             -Perdagangan dengan fasilitas web internet

Kerangka Dasar E-commerce
Aplikasi e-commerce disusun berdasarkan infrastruktur teknologi, yaitu kombinasi antar komputer, jaringan komunikasi dan software komunikasi.
Infrastruktur: 
  1. Jasa bisnis umum (proses pembelian & penjualan) 
  2. Distribusi pesan dan informasi (pengiriman & pengambilan informasi) 
  3. Isimulti media dan publikasi jaringan 
  4. Information Superhighway

Jenis–jenisE-Commerce
  • Business to business (B2B) 
  • Business to Costumer (B2C) melalui internet 
  • Costumer to Costumer (C2C) 
  • Government to Nation (G2N)

KomponenE-Commerce
  • Electronic Data Interchange (EDI), sebagai pertukaran data antara komputer antar berbagai organisasi 
  • Digital currency, memungkinkan user untuk memindahkan dananya secara elektronik 
  • Electronic Catalogs, merupakan antarmuka grafis (GUI) yang umumnya berbentuk halaman web berisi informasi tentang penawaran produkdan jasa.

Keuntungan E-commerce 
Bagi pengelola bisnis: 
  -Perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia 
  -Efisiensi, tanpa kesalahan dan tepat waktu 
Bagi konsumen: 
  -Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat 
Bagimanajemen:
  -Peningkatan pendapatan & loyalitas pelanggan

KelebihanE-Commerce
•Otomatisasi, menggantikan proses manual 
•Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses 
•Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan 
•Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihakyang akan meminimalkan “human error” 
•Transaksi, kesepakatan antara2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lain.

0 comments

Posts a comment

 
© 2011 Frontine Blog
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top