Wednesday, April 18, 2012

Tools + Software dan Perbandingannya, untuk Pengembangan Game.

1. 3D GameStudio

Gamestudio, juga dikenal sebagai 3D GameStudio atau 3DGS, adalah sistem pengembang permainan komputer 3D yang memperbolehkan pengguna membuat permainan 3D dan aplikasi realitas maya. Gamestudio meliputimodel/terrain editor, level editor, script editor/debugger dan memiliki banyak koleksi texture, model, sistem templat permainan dan artwork .

Contoh permainan yang dibuat dengan Gamestudio adalah Kabus 22 (2006, Son Isik LTD, Merscom LLC) dan Citroën C4 Robot (2008, 2GEN Studio, Citroën Turkey). 

2. CryEngine 3


CryEngine 3 adalah engine digunakan pada game Crysis 3, yang memungkinkan tampilan game lebih hidup. Engine ini merupakan engine yang digunakan untuk membuat game Crysys.

Menurut developer game tersebut, efek armor senjata, warna dan tesktur karakter menjadi lebih bagus dalam uji coba yang mereka lakukan. Hal lainnya yang nyata terlihat bagus adalah efek pencahayaan, lingkungan sekitar, pergantian hari dari sore ke malam, dan sebaliknya.

3. Multimedia Fusion 2



Multimedia Fusion 2 (MMF2) adalah program software authoring tool yang dibuat oleh Yves Lamoureux dan Francois Lionet. Dengan MMF2, kita bisa membuat games, program komputer, screen saver dll. Semua itu dilakukan dengan sangat mudah.

Dibanding dengan program lain (Director, Game Maker, Flash dll) MMF2 sangat mudah digunakan terutama untuk para pemula. Inilah beberapa keunggulan MMF2:


1. Pemrograman tanpa mengetik script
2. Dukungan tambahan extension/plugin
3. Dukungan ekspor yang luas
4. Support forum yang handal
5. Proteksi pembajakan yang tangguh




4. Unity 3d


UNITY 3d adalah sebuah game developing software dengan lisensi gratis, tapi jika anda memilih untuk membeli versi yang "bayar", anda akan dapat beberapa tambahan-tambahan fitur. Selain bisa untuk build game PC, UNITY juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, & android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. Bahasa pemrograman yang dapat diterima UNITY adalah  JAVA SCRIPT, CS SCRIPT (C#) & BOO SCRIPT.

5. Eclipse MMORPG Maker


Eclipse memungkinkan pengguna untuk membuat MMORPG 2D, mirip dengan “Maple Story”.  Seperti alat desain lainnya yang tercantum di atas, yang satu ini membutuhkan pengetahuan pemrograman sedikit atau tidak ada pun bisa, meskipun seorang programmer cerdas dan berpengalaman dapat memperluas fungsionalitas sebuah permainan dengan pemrograman fitur tambahan menggunakan built-in tools scripting. Seperti RPG Maker XP, ada tilesets banyak tambahan, grafik dan cara lain untuk mengembangkan permainan Anda, bisa Anda download di situsnya.

0 comments

Posts a comment

 
© 2011 Frontine Blog
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top