Friday, May 20, 2011

Situs Pemerintah Kota Depok




Untuk melengkapi tugas web science tentang situs milik pemerintah kota yang ada di Indonesia, saya disini ingin membahas tentang situs milik pemerintah kota Depok. 


Kota Depok, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa BaratIndonesia. Kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta-Bogor. Kata Depok sendiri berasal dari kata dalam bahasa Sunda yang berarti pertapaan atau tempat bertapa. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa kata Depok merupakan sebuah akronim dari De Eerste Protestants Onderdaan Kerk yang artinya adalah Gereja Kristen Rakyat Pertama.




Situs Pemerintah Kota Depok dibuat melalui salah satu layanan pembuat blog yaitu WordPress. Ini berbeda dengan situs pemerintah daerah yang biasanya berbentuk sebuah situs portal berita yang dibuat dengan Joomla sebagai sistemnya. Meskipun dibuat menggunakan WordPress, situs Pemerintah Kota Depok ini mampu masuk dalam jajaran 20 besar situs pemerintah daerah terbaik di Indonesia. 



Kita bisa lihat gambar halaman depan situs Pemerintah Kota Depok diatas. Memiliki warna latar yang simpel yaitu hanya warna putih. Namun patut diacungi jempol kepada perancang situs ini karena dapat memasukkan berbagai content ke dalam situs yang dibuat dengan WordPress ini. Situs Pemerintah kota Depok ini mudah untuk dibuka karena tidak memerlukan waktu yang banyak untuk membukanya. Berikut adalah script yang menunjukan bahwa situs Pemerintah Kota Depok dibuat dengan WordPress.


meta name="generator" content="WordPress 3.1" -- Wordpress Popular Posts v2.0.3 --
link rel="stylesheet" href="http://www.depok.go.id/wp-content/plugins/wordpress-popular-posts/style/wpp.css" type="text/css" media="screen"
!-- Wordpress Popular Posts v2.0.3

Halaman depan terdiri dari list berita terakhir yang juga dilengkapi dengan foto dari berita tersebut. Selain itu di bagian kiri terdapat tautan yang dibuat menggunakan javascript sehingga bisa bergerak kebawah atau drop down. Dibagian atas juga ada tab yang tersambung ke Facebook dan Twitter Pemerintah Kota Depok, dengan ini pengunjung bisa langsung terhubung ke Facebook dan Twitter Pemerintah Kota Depok. Dan dibagian bawah terdapat berbagai kategori informasi yang dapat kita akses.



1 comments

Posts a comment

 
© 2011 Frontine Blog
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top